Senin, 05 Desember 2022

Sekda Kota Makassar Tekankan Kekompakan Menghadapi Bencana, Tupoksi Kerja Harus Jelas

Tags

 


Nuansa Terkini Makassar,- Sekretaris Daerah Kota Makassar Muh Ansar menekankan perlunya kekompakan tim dalam menghadapi bencana. Menurutnya tupoksi personil di lapangan harus jelas agar dapat memaksimalkan layanan pada korban terdampak bencana.


Muh Ansar juga meminta agar semua pihak dapat bahu membahu dalam menghadapi bencana. Saling bersinergi dan menjalin komunikasi yang baik sehingga semua dapat diakomodir dengan baik.


Inilah yang diinstruksikannya saat hadir sebagai pembina apel kesiapsiagaan dan simulasi tanggap darurat bencana yang diadakan oleh BPBD Kota Makassar di pelataran anjungan Toraja Mandar pantai Losari Makassar, Selasa (6/12/2022).


“Ada beberapa tititk di Kota Makassar yang memang rawan akan bencana banjir. Kecamatan Manggala dan Biringkanaya menjadi daerah yang boleh dikatakan langganan banjir. Olehnya itu saya meminta agar daerah yang sudah dikelompokkan ini menjadi perhatian dan segera diantisipasi sejak dini,” pinta Ansar.


Tak hanya itu, Sekda Kota Makassar ini juga meminta agar personil di lapangan tanggap akan kebutuhan warga dan segera berkoordinasi dengan pihak terkait.


“Personil lapangan tolong lebih peka dan sigap melihat apa yang dibutuhkan warga di lokasi. Makanan, pakaian, bantuan medis atau hal lainnya itu harus segera dikomunikasikan agar layanan dapat maksimal,” tegasnya.


Hadir dalam apel tersebut Kepala Basarnas Sulsel, Kadinsos Makassar, Kasatpol PP Makassar, Kepala BPBD Makassar, TNI/Polri dan sejumlah relawan bencana.


Ansar juga meminta semua pihak agar mengutamakan keselamatan jiwa saat menghadapi bencana.


“Jadi perhatikan dan identifikasi bencananya lalu segera berikan pertolongan. Utamakan keselamatan jiwa korban lalu evakuasi dan berikan bantuan makan minum serta medis,” pesan Ansar.(*).