Rabu, 04 Oktober 2023

Tingkatkan PAD, Samsat Makassar I Gandeng Kesdam Hasanuddin, Grab, dan Bank Sulselbar

Tags



Nuansa Terkini Makassar , – Samsat Makassar I Selatan melakukan audiensi dengan Pimpinan Bank Sulselbar, Kakesdam Hasanuddin, serta Manager Grab Car Sulawesi Selatan pada Hari Selasa, 19 September 2023.


Audiensi dipimpin Kepala UPT Pendapatan Wilayah Makassar I, Muhammad Aras Akbar, Penanggung Jawab Jasa Raharja, Andi Abdul Gafur, dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha serta Kepala Seksi Pendataan dan Penagihan UPT Makassar I Selatan.


Kunjungan tersebut dilakukan untuk membahas kolaborasi bersama UPT Samsat Makassar I dan Bank Sulsebar, Kakesdam Hasanuddin serta GrabCar dalam usaha meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotornya.


Bersama Tim Pembina Samsat, Jasa Raharja berkeinginan untuk menjalin kerja sama dalam hal meningkatkan kepatuhan dan kesadaran pemilik kendaraan bermotor agar melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) tepat waktu.


Manfaat pembayaraan SWDKLLJ yaitu jika pengendara motor mengalami kecelakaan sesuai UU No. 34 dan sesuai Peraturan Menteri Keuangan RI No. 16 Tahun 2017, akan mendapat santunan dari Jasa Raharja baik berupa santunan meninggal dunia ataupun biaya perawatan luka-luka. Santunan ini merupakan bentuk perlindungan dasar dari pemerintah melalui Jasa Raharja kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas.


Diharapkan masyarakat Sulawesi Selatan khususnya masyarakat yang ada di wilayah Kota Makassar taat dalam membayar pajak kendaraannya.

Dan juga untuk yang memiliki kendaraan bermotor umum untuk senantiasa bisa taat pula dalam membayar Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum Jasa Raharja.


Selain itu dalam kesempatan yang baik ini pula disampaikan sosialisasi tentang pemberlakuan ketentuan Pasal 74 UU 22/2009 tentang penghapusan data kendaraan bermotor. Jasa Raharja selaku Badan Usaha Milik Negara akan terus selalu mendukung dan berinovasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.(*).